Kenapa Harus Mudik Lebaran??

https://www.ayobandung.com/images-bandung/post/articles/2019/05/21/52995/mudik-lebaran.jpg
Mudik Lebaran (gambar: ayobandung.com)

Setelah bersemedi sekian lama, akhirnya otak ini mau diajak kompromi untuk mencurahkan apa yang terngiang di dalam pikiran ini. Berhubung ini bulan ramadhan, maka tema yang ingin gue bahas adalah tentang kebiasaan kita-kita yang perantauan menjelang akhir ramadhan. Ya, bermudik ria ke kampung halaman. Tak peduli transportasi yang akan dipilih dan gue juga ga akan kasih tips & trik mudik di tulisan ini (kalau mau tips & trik, coba melipir ke sini).

Kenapa sih kita harus mudik? Tak jarang uang yang THR yang diterima akan ludes demi memenuhi nafsu untuk pulang menjenguk kampung halaman, bahkan yang lebih parahnya lagi (pernah kejadian sama gue) sampai berhutang agar bisa selamat sampai kampung halaman. Nah loh? Segitu pentingkah mudik untuk kita?

Bagi gue pribadi, dulu mudik itu tidak terlalu penting, sampai gue ingin bertahan lebih dari 10 tahun untuk tidak mudik saat lebaran. Namun seirang dengan umur yang bertambah apalagi telah mempunyai anak, gue merasa mudik itu penting dan memiliki kesannya sendiri.

Alasan utama untuk mudik lebaran adalah berkumpul bersama seluruh keluarga di hari yang fitri. Tidak ada yang akan tahu dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, apakah masih akan bisa berkumpul dengan seluruh keluarga di lebaran yang akan datang? Kita ga akan pernah tahu. Untuk itulah, kita harus menikmati kumpul keluarga di hari lebaran seakan ini adalah kumpul terakhir.

Gue pernah merasakan sedih dan menyesal karena tidak pulang kampung karena lebih memilih menghemat isi dompet. Namun sekarang pemikiran sudah berubah, isi dompet bisa dicari tapi waktu berkumpul bersama tak bisa kita prediksi.

Selagi masih bisa pulang, sempatkanlah pulang walaupun hanya sehari ataupun hanya pada sampai selesai sholat ied. Ingat, keluarga adalah tempat dimana kita berasal dan akan kembali pada akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *