Penting [kah??] Tabungan Pendidikan Sedari Dini

Gue bukanlah orang yang mempersiapkan masa depan dengan baik dan runut, gue menjalani kehidupan ini dengan apa adanya. Gue selalu berkeyakinan bahwa setiap langkah yang gue pilih pasti akan ada pertolongan dari Allah. Seperti halnya saat lulus SMA, gue diberi pertolongan untuk melanjutkan study di D3 UI. Kemudian setelah gue dirumah [dipecat-kasarnya] pada tahun 2009, gue diberi pertolongan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. 
Pokok Masalah

Begitupun setelah menikah di tahun 2011. Tahun 2012 diberikan pertolongan untuk memiliki rumah yang walaupun untuk cicilannya masih ngap-ngapan pada saat awal. Saat ditunda oleh Allah memberi rejeki anak dari tahun 2011 – 2013 pun gue merasakan bahwa Allah memberikan pertolongan kepada gue. Gue selalu membayangkan, jikalau Allah memberikan rejeki anak di tahun-tahun tersebut apakah gue sudah mampu secara lahir dan bathin untuk menjaga rejeki tersebut? 

Sekarang setelah memiliki 2 anak perempuan, gue masih orang yang sama. Gue masih belum mempersiapkan biaya pendidikan untuk kedua anak gue tersebut. Gue masih berpikiran bahwa sekolahnya masih lama dan biaya pendidikan tidaklah terlalu mahal untuk TK dan SD dan jikalau “agak” mencekikpun biaya sekolah tersebut akan bertepatan dengan penerimaan THR (bulan Mei – Juni) untuk gue sebagai karyawan. Ternyata gue salah, pembayaran biaya pendidikan itu dibayarkan pada bulan Des.
Itulah yang terjadi di bulan ini, gue kaget bukan kepalang saat istri memberitahukan bahwa Annual Fee sekolah Qisha tahun depan harus dibayarkan bulan Desember ini. Bukan hanya kaget yang gue dapat namun juga pusing dengan migrain pun berdatangan. Sebagai karyawan yang menerima uang secara rutin tentunya tidak ada uang yang akan tiba-tiba masuk ke rekening untuk pembayaran kebutuhan yang tiba-tiba dan mendesak seperti ini.
Memang akhirnya gue sudah menemukan solusi dari permasalahan ini (terima kasih kepada Pak Ipda yang sudah membayarkan salah satu billing rutin), namun gue harus merubah mindset gue atas perlunya tabungan pendidikan untuk anak sedari dini.
Banyak cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak-anak kita. Kita bisa mengikuti program tabungan berencana yang ditawarkan oleh Bank Konvensional ataupun Syariah. Tidak ada salahnya untuk mengikuti program tersebut (walaupun gue tidak memilih cara ini karena kewajiban untuk menyetorkan sejumlah uang masih terlalu berat untuk gue) agar tidak mengalami hal yang sama seperti yang gue alam di bulan Desember yang basah ini.

Jadi, persiapkanlah tabungan untuk masa depan putra putri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *