Semu

Indonesia Merdeka, Indonesia telah merdeka 64 tahun. Apa yang terjadi setelah berumur sekian lamanya? Setelah perjuangan meneteskan darah, kesedihan dan kehilangan para pahlawan.

Coba sedikit direnungkan, apa yang telah kita lakukan untuk bangsa ini? Apa yang telah kita beri untuk bangsa ini? Apa saja yang kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan ini? Hanya berfoya, hilir mudik tak tentu arah. Kebanyakan dari pemuda terdampar dalam keinginan diri sendiri.

Berujar bahagia, berujar bangga akan kemerdekaan tapi tak ada aksi nyatanya. Mengucapkan kata nasionalisme. Cuma hanya untuk sesuatu yang gue ga ngerti sama sekali. Cintya bangsa, cinta negara itu apa? Mahasiswa, dimana dirimu. Apakah cuma bisa turun kejalan membuat jalanan macet. Apa cuma itu yang kalian bisa.

Hei.. Semua rakyat Indonesia, apa cuma dengan berjoget ria di acara dangdutan kemerdekaan kalian yakin bahwa kalian itu telah merdeka?? Ini semua semu.. Ironi dalam kemerdekaan ini..

Nb: ini tulisan apa sih??

1 thought on “Semu

  1. aku sangat setuju dng tulisan ini,,kt telah merdeka selama 65 tahun, tp sesungguhnya kita belum merdeka seutuhnya, masih banyak rakyat miskin,masih banyak pejabat yang korupsi, yang lebih ironi lagi budaya kita mulai terkikis oleh budaya asing. apa kita harus menunggu pulau kita di rampas negeri orang lain baru itu kita menunjukan sikap nasionalisme kita? tidak…negara ini tidak bisa menunggu…sebagai generasi muda seharusnya kita punya pandangan kedepan akan cita – cita bangsa. semoga para pemuda di negeri ini dapat memahami makna kemerdekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *