Dimana Nasionalismenya??

Sudah tampak bendera merah putih berkibar dimana-mana. Sudah dimulai pertandingan-pertandingan untuk menyambut 17an. Puluhan pohon pinang sudah dipersiapkan untuk menyambut hari kemerdekaan.

Gue jadi berpikir, kenapa ya tujuh belasan dirayakan dengan berbagai lomba? Panjat pinang, makan kerupuk dan lain-lain. Apa memang itu yang diinginkan oleh para pahlawan?

Sebenarnya apa yang mesti kita lakukan saat 17an? Apa memang melakukan sesuatu yang dianggap patritik atau hanya dengan berhura-hura dengan lomba-lomba seperti yang ada sekarang?

Jadi bingung apa yang harus dilakukan, apa dengan berdiam diri dan ikutan lomba bisa meneruskan perjuangan para pahlawan? Apa dengan datang ke upacara 17an membuat perjuangan mereka berarti? Atau mau ikutan ngibarin bendera merah putih di Sea World?

Dimana sih yang namanya nasionalisme? Apa itu sebenarnya nasionalisme? Apa dengan memakai baju bergambar pahlawan? atau kemana-mana membvawa bendera merah putih? atau cukup dengan mengibarkan merah putih di depan rumah??

Seperti apa nasionalisme sesungguhnya?? Sampai saat ini gue masih belum bisa memahami arti sebenarnya dari nasionalisme..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *