Spanyol Selamatkan Muka – bola.okezone.com

RUSTENBURG – Spanyol meraih juara ketiga Piala Konfederasi usai melakoni drama lima gol menghadapi tuan rumah Afrika Selatan di Rustenburg, Minggu (28/6/2009). Spanyol menang 3-2 lewat perpanjangan waktu.

Juara Eropa 2008 Spanyol, harus berjuang ekstra keras sebelum akhirnya menjinakkan Bafana-Bafana.

Gol penyerang Katlego Mphela di menit ke-73 menambah beban cobaan Spanyol yang pada laga sebelumnya di semifinal, dikalahkan AS. Satu gol Mphela membuat Tim Matador tertinggal 0-1.

Beruntung, dua gol cepat Daniel Guiza di menit 88 dan 89, membawa Spanyol berbalik unggul di Stadion Royal Bakofeng. Namun keunggulan Xabi Alonso dkk hanya bertahan sebentar, karena Mphela juga mencetak gol kedua melalui tendangan bebas jarak jauh di menit ke-92 guna memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak ekstra, kedua tim bermain imbang. Peluang demi peluang diciptakan kedua kesebelasan. Dibutuhkan satu gol dari bola mati guna menyudahi perlawanan keras pasukan Joel Santana.

Alonso menjadi pahlawan kemenangan Spanyol. Satu sepakan keras yang mencapai tiang jauh memberikan Spanyol kemenangan dan berhak membawa pulang status sebagai juara ketiga di Piala Dunia mini ini. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *