Kalla-Wiranto Janjikan Modal bagi Pengusaha Muda

Copy Paste nih dari Laporan wartawan KOMPAS Rini Kustiasih
Nanti Janjinya kita Tagih!!!
*Ayo dukung JK-WIN no. 3

BANDUNG, KOMPAS.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden Jusuf Kalla-Wiranto meluncurkan program Modal Usaha Mandiri Untuk Pemuda (Mampu) saat berkampanye di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/6). Kalla menjanjikan program itu akan memberikan modal Rp 3 juta – Rp 20 juta kepada pemuda yang ingin memulai usaha mandiri.

“Program ini akan langsung kami jalankan bila terpilih menjadi presiden dan wapres. Kami utamakan untuk generasi muda, lulusan sekolah, atau perguruan tinggi yang ingin membuka usaha mandiri,” ujarnya ketika berorasi.

Saat konferensi pers seusai kampanye, Kalla menegaskan kembali komitmennya menjalankan program itu. Meski demikian, ia mengaku masih akan merinci ketentuan pemberian bantuan modal tersebut. “Apakah pemberian modal ini melalui perbankan atau lembaga keuangan lainnya, akan didetailkan nanti,” katanya.

Ditemui terpisah, ekonom Dradjad Wibowo yang menyertai kampanye Kalla-Wiranto menerangkan, program Mampu didesain untuk disalurkan oleh bank-bank milik negara dan bank syariah. Selain memberikan modal, setiap bank diberi tugas pembinaan usaha. Bunga bank pun dibatasi maksimal lima persen, sisanya akan disubsisdi pemerintah. Bila program sudah berjalan normal, volume bantuan modal bisa mencapai Rp 16,5 triliun per tahun bagi sekitar sejuta tenaga kerja, tuturnya.

Selain meluncurkan program Mampu, Kalla dalam orasinya juga menjabarkan slogan lebih cepat lebih baik yang selama ini didengung-dengungkan. Kenapa lebih cepat lebih baik, karena negara kita sudah tertinggal jauh dari negara lain. “Untuk mengejar ketertinggalan itu, maka harus diambil tindakan yang lebih cepat dan lebih,” ujarnya.

Dengan pengambilan keputusan yang lebih cepat, maka banyak hal bisa segera diperbaiki, semisal pendidikan, infrastruktur jalan, kebutuhan pokok, atau pengurusan izin.

Kalla juga menyatakan komitmennya untuk mendorong generasi Sunda maju sebagai capres dalam pemilu 2014. Hal itu dinilainya akan bisa mewujudkan keutuhan bangsa, yakni dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anak bangsa lainnya.

Hadir menjadi juru kampanye Kalla-Wiranto, ialah Ketua Pasundan Istri Popong Otje Djundjunan, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Kalla-Wiranto Yuddy Chrisnandi, anggota DPR terpilih Nurul Arifin, dan mantan KASAD Jenderal (purn) Subagyo HS. Turut hadir dalam kampanye itu pelawak Mandra dan anggota DPR Ferry Mursyidan Baldan.

Sebelum berkampanye di Lapangan Gasibu, Kalla dan istrinya Mufidah Kalla bersilaturahim dengan Lintas Organisasi Kemasyarakatan Muslimah Jabar di halaman kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jabar. Sepuluh ormas muslimah menyatakan dukungannya kepada Kalla-Wiranto, yakni muslimat NU, Asyiyah, Al Washliyah, Pondok Pesantren Al-quran Babussalam, Muslimat Bulan Bintang, Wanita Islam, Persistri, Forhati Jabar, Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia, dan Forum Dai Muda Indonesia.

Pada lokasi silaturahim, dipasang sejumlah spanduk yang menanyakan kebanggaan umat muslim karena akan memiliki ibu negara yang menutup aurat (berkerudung). Peserta yang hadir pun mendapatkan kerudung dengan gambar Kalla-Wiranto saat mendaftar masuk ke lokasi silaturahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *